Foto : Dokumen Pribadi

Alamanda Shantika atau akrab disapa Ala, merupakan mantan vice president Gojek, setelah memutuskan berhenti dari Gojek, Ala membangun sekolah programmer yaitu Binar Academy. Melalui wawancaranya di podcast Inspigo, Alamanda membagikan kiat-kiatnya berpikir kritis agar berpikir logis dan rasional umtuk memecahkan masalah dan membuat keputusan.
  1. Terus bertanya “Kenapa”
  2. Connecting The dots
  3. Wisdom
Selain akatif bertnya seseorang yang mau berpikir kritis juga harus connecting the dots, menyambungkan berbagai fakta dan pelajaran yang secara sekilas gak memiliki hubungan  lansgung jadi sesuatu yang rasional dan ternyata bisa dihubungkan kalau ditarik benang merahnya. Soal konetking the dts dan mencari wisdom di dalamnya.
Persis di papan tulis, saya lagi mau bikin materi ini, kenapa tiba tiba saya memikirkan untuk nyampein ini, sebenarnya hal kedua selain bertanya kenapa.
Saya disini mapping, semua pelajaran dari orang-orang yang pernah saya temui, disini ada orang yang saya temui salah satunya CEO nadhim makarim. Poin ketiga ada wisdom, disbeelah knaan ada ibu saya yang mengajarkan wisom, apa yang sangat dipelajari dari ibu saya adalah, waktu saya kecil saya gapernah dikasih tau samaibu saya harus ngapain, ibu saya gapernah bilang kalau `saya harus masuk com scien, desigm ibu saya ngebiarin saya memilihbapapun, ini berhubungan erta dengan kritikal thinking dimana semuanya media, berita itu mbeda-beda gimana orang ngeloat anglenya, media menyampaikan anglenya,
Hidup kita ini butuh yang namanya widom, memilih dan menyimpulkan sendiri berita yang ada,
Hidup kita ini harus salah dulu, kesandung dulu, baru belajar akan suatu hal.
KESIMPULAN : terus bertanya why, its about konekting the dots, wisdom, (kana nada ibu saya)